PROGRAM
KERJA
OSIS
SMK N 1 DONOROJO
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN
SEKOLAH
MENEGAH KEJURUAN
SMKN
1 DONOROJO
JL.
Jajar Indah No. 13 Donorojo, Pacitan 63554 Tlpn (0357) 5103010
KATA
PENGANTAR
Puji syukur yang mendalam hanya patut kiranya kami haturkan
atas segala limpahan karunia dan rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam
menyelasaikan penyusunan program kerja OSIS SMK N 1 DNOROJO Masa Bhakti
2013/2014 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan
sekolah. Program kerja ini disusun untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan
berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan
organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai
motivator yang bersifat preventif.
Kami selaku tim gabungan antara Pengurus OSIS dan Pengurus
Inti Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) menyadari bahwa belum semua aspirasi
siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini
masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun
saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa
mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan
dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program
kerja ini.Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan
peningkatan mutu kegiatan siswa di SMK N 1 DONOROJO ini.
LATAR BELAKANG
Sebelum terbentuknya organisasi OSIS
di sekolah-sekolah terdapat organisasi yang beraneka ragam bentuknya baik
intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang sifatnya ekstern bisa
mengarah ke dalam hal-hal yang bersifat politis sehingga timbullah situasi yang
tidak menguntungkan sebagai tempat yang diselenggarakannya proses belajar
mengajar.
Akibat dari situasi tersebut,
timbulah loyalitas ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang
dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di
kendalikan dari luar.
Itulah sebabnya pada tahun 1970
sampai dengan tahun 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar
akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan
diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa
Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing.Setelah mendapat pengarahan
dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai
sekarang.
Pelaksanaan kegiatan OSIS harus
berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS.Dalam pelaksanaannya
tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk
mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah,
motivator, dan preventif sekolah.Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang
mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan sutu hubungan yang
baik.Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian
serta pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan.
Selanjutnya program kerja disusun
berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis.Dalam program kerja tersebut
digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan
OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan
sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai
pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan
yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
LANDASAN DAN HUKUM
Penyusunan program kerja OSIS SMK N
1 DONOROJO Masa Bhakti 2014 - 2015 memiliki landasan sebagai berikut :
- Landasan Idiil: Pancasila
- Landasan Konstitusional: UUD 1945
- Landasan Operasional: - Tri Dharma Siswa, AD/ART OSIS.
Dasar Hukum dalam penyusunan program
kerja OSIS SMK N 1 DONOROJO Masa Bhakti
2014 - 2015adalah :
- UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;
- UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Permen RI No.19 Tahun 2005 tentang SNP;
- Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;
- Permendiknas RI No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Permendiknas RI No.39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
GARIS
BESAR PROGRAM KERJA OSIS
MASA
BHAKTI 2014/2015
PENYUSUNAN PROGRAM KERJA
Program kerja yang dibuat harus
mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota.Sehingga dalam penyusunan program kerja
ini harus melibatkan unsur-unsur siswa yang terhimpun dalam MPK
(Musyawarah Perwakilan Kelas) sekaligus yang berkecimpung dalam kegiatan
sekolah seperti pengurus Sub Seksi dan sebagainya.
Program kerja OSIS SMK N 1 DONOROJO Masa
Bhakti 2013/204 disusun melalui tahap-tahap sebagai berikut :
- Penampungan aspirasi dari siswa (terutama anggota, pengurus Sub Seksi)
- Penyampaian hasil penampungan aspirasi siswa dan penyampaian aspirasi dari perwakilan kelas
- Pembentukan tim penyusun program kerja OSIS yang terdiri dari : Pengurus Harian OSIS; Pengurus MPK Inti dan Para Ketua Sub Seksi
- Musyawarah pengurus tentang penyusunan program kerja OSIS
- Rapat Kerja
- Pengajuan dan pengesahan program kerja OSIS
- Pembentukan panitia kecil sebagai koordinator kerja
Adapun program kerja OSIS terdiri
dari 5 bagian yaitu :
- Program kerja Pengurus Harian OSIS
- Sasaran Umum Program Kerja 9 (sembilan) Seksi Bidang
- Program Kerja 9 Seksi Bidang
- Matriks Program Kerja OSIS 2014/2015
- Program Kerja Sub Bidang (Ekstrakurikuler)
PROGRAM KERJA PENGURUS HARIAN OSIS
Sasaran Umum
Terwujudnya koordinasi yang matang
antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas
kesekretariatan yang merata.
Jenis Kegiatan
- Pengajuan perbaikan sarana dan administrasi
- Penertiban administrasi
- Pengaktifan kegiatan dana usaha
- Persiapan laporan pertanggungjawaban
Ketua
- Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana;
- Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan;
- Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan;
- Memimpin rapat;
- Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat;
- Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
Wakil ketua
- Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan;
- Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan;
- Menggantikan ketua jika berhalangan;
- Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya;
- Bertanggung jawab kepada ketua;
Sekretaris dan Wakil Sekretaris
- Memberi saran/masukan kepada ketua dalam mengambil keputusan;
- Mendampingi ketua dalam memimpin rapat;
- Menyiapkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan;
- Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan;
- Bersama ketua menandatangani setiap surat;
- Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi;
- Bertindak sebagai notulis dalam rapat.
Bendahara dan Wakil Bendahara
- Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan/pengeluaran uang/biaya yang diperlukan;
- Memnuat tanda bukti kuitansi setiap pemasukan.pengeluaran uang untuk pertanggungjawaban.
- Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan;
- Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.
PROGRAM KERJA 9 (SEMBILAN) SEKSI BIDANG
Seksi Bidang Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap
Tuhan Yang Maha Esa :
1.
Roni Iskandar
2.
Cicih Setya Wardani
No
|
PROGRAM
|
TUJUAN
|
PELAKSANAAN
|
1.
|
-Melaksanakan
Peribadatan
a.Shalat
Wajib dan Sunnah Berjamaah
|
Untuk
mendorong aktivitas ritual/ibadah
|
|
2.
|
-Memperingati
Hari-hari Besar Keagamaan
a.Peringatan
Maulid NABI MUHAMMAD SAW
b.Peringatan
Isra Mi’raj
c.Berkurban
|
Untuk
mendorong siswa supaya meneladani dan menggali makna/arti hari-hari besar
keagamaan
|
|
3.
|
-Melaksanakan
Amaliyah sesuai dengan Norma dan agama
a.Infak
setiap hari jum’at
|
Mendorong
siswa untuk melaksanakan amal sosial agar terbentuk pribadi yang berakhlak
mulia
|
|
4.
|
-Mengadakan
lomba yang bernuansa keagamaan
a.Lomba Baca
Al-Qur’an
b.Lomba
Kaligrafi
|
Untuk
menumbuhkan budaya kompetisi dan menambah wawasan keagamaan
|
|
5.
|
-Mengembangkan
dan memperdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
a.Wisata
Spiritual
b.Hadrah
|
Untuk
mengembangkan dan memperdayakan potensi keagamaan di sekolah
|
Seksi Bidang Kepribadian Unggul,
Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara:
1.
RizalArdiansyah
2.
Dian Pratiwi
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan
upacara bendera pada hari Senin atau hari Sabtu, serta hari-hari besar
nasional.
|
Melaksanakan
kegiatan upacara bendera baik yang rutin maupun insidental guna menumbuhkan kesadaran
hidup berbangsa dan bernegara dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin diri,
nasionalisme dan patriotisme.
|
- Upacara peringatan hari nasional.
-
Apel jika tidak dilaksanakannya upacara bendera setiap hari Senin
|
|
2.
|
Menyanyikan
lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, kebanggaan terhadap
bangsa dan Negara, sertajiwa nasionalisme dan diikuti upaya pemaknaan dan
penjiwaan syair lagu/hymne.
|
-Mempunyai regu paduan suara khusus.
|
|
3.
|
Melaksanakan
kegiatan kepramukaan.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan serta patriotisme.
|
-Lomba PBB.
|
Seksi Bidang Prestasi Akademik, Seni
dan atau Olahraga:
1.
Wisnu Setyo Aji
2.
Handri Setiawan
No
|
Program
|
Tujuan
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Mengadakan lomba mata pelajaran/program ke ahlian
|
Untuk meningkatkan daya saing antar siswa dengan
dilandasi sikap mental positif, disiplin dan sportif
|
|
2.
|
Mengadakan kegiatan workshop, seminar, diskusi yang
bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
|
Untuk menambah wawasan siswa dan sekaligus dapat
menggali potensi berfikir kritis melalui maupun tak resmi terkat dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi
|
|
3.
|
Mengadakan study banding dan kunjungan (study wisata)
ke tempat-tempat sumber belajar
|
Untuk menambah pengalaman langsung terhadap obyek-obyek
sumber belajar yang berhubungan dengan pencapaian kompetensi dan keterampilan
mata pelajaran tertentu.
|
|
4.
|
Membentuk club seni, dan olahraga
|
Untuk menyalurkan bakat dan minat melalui klub-klub disekolah
dengan bimbingan dan latihan intesif dan komprehensif guna mempersiapkan
siswa pada setiap kompetesi baik internal maupun eksternal sekolah.
|
Seksi Bidang Demokrasi, HAM,
Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial :
1.
Riski Nur Septian
2.
Erlisa Rahmawati
NO
|
Jenis kegiatan
|
contoh
|
Waktu pelaksanaan
|
1.
|
Melakukan
tata tertib dan kultur sekolah
|
-Mematuhi
tata tertib
-Budaya
salam
-Membuang
sampah pada tempatnya
|
|
2.
|
Melaksanakan
gotong royong dan kerja bakti
|
-Kerja
bakti kelas dan lingkungan
-Bersih
tempat ibadah
|
|
3.
|
Menumbuh
kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
|
-Apresiasi
karya siswa
-Pemilihan
siswa berprestai
|
|
4.
|
Melaksanakan kegiatan 7 K
(kemanan,kebersihan,ketertiban,keindahan,kekeluargaan,kedamaian dan
keringanan)
|
-Lomba kebersihan kelas
|
Seksi Bidang Kreativitas,
Ketrampilan, dan Kewirausahaan :
1.
Rudi Setiyoko
2.
Muhammad Sriyanto
No
|
Jenis
kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Meningkatkan
kreatifitas dan keterampilanalam menciptakan suatubarang menjadi lebih
berguna
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran & kemauan untuk meningkatkan nilai
guna dan memanfaatkan barang bekas melalui 3R (recycle/dur
ulang,reduce/mengurangi,reusel/memakai kembali sebagai upaya untuk mengurangi
limbah/atau sampah yang dapatmencemari lingkungan )
|
-Membuat
pupuk kompos
|
|
2.
|
Meningkatkan
kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan yang terampil dan
kreatif guna memberdayakan potensi serta mendidik siswa agar kelak dapat
menjadi pengusaha
|
-Pelatihan
barang-barang kerajinan
|
|
3.
|
Merawat
mading
|
Menyambungkan
kreatifitas siswa & menyalur bakat siswa
|
-Mengembangkan
kembali kotak saran
-Berita
mading
|
Seksi Bidang Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi:
1.
Candra Hadi
2.
Evi Vita Sari
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
pelaksanaan
|
1.
|
Memanfaatkan sarana UKS yang telah tersedia.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memberikan sarana yang memadahi.
|
- Merenovasi ruang UKS.
|
|
2.
|
Peralatan
dan obat-obatan di UKS akan dilengkapi
|
Agar
jika ada siswa yang sakit segera dapat diobati dengan peralatan dan obat yang
telah disediakan.
|
- Menambah peralatan dan
jenis obat yang ada
|
Seksi Bidang Sastra dan Budaya :
1.
Ayumila Anggraini
2.
Bayu Dwi Atmoko
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
pelaksanaan
|
1.
|
Mengadakan sebuah pameran karya
inovatif dan hasil penelitian.
|
Untuk meningkatkan rasa percaya diri
dan aktualisasi diri.
|
- Mengadakan pameran
karya seni
|
|
2.
|
Memilih
siswa yang berprestasi sastra dan budaya
|
Melaksanakan
kegiatan untuk mencari bakat siswa - siswi SMK N 1 DONOROJO.
|
- Mengadakan lomba cerdas
cermat
|
Seksi Bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi :
1.
Nur Safika
2.
Banu Rahmat Diarna
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
pelaksanaan
|
1.
|
Memanfaatkan
TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk memberikan motivasi kepada guru dan siswa dalam meningkatkan
mutu pembalajaran yang memanfaatkan TIK sebagai media.
|
-
Setiap siswa mempunyai e-mail
|
|
2.
|
Menjadikan
TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa dalam berinovasi,
sehingga menjadi lebih kreatif dalam penggunaan TIK.
|
- Lomba tema blog
|
Seksi Bidang Komunikasi dalam Bahasa
Inggris :
1.
Andhika Wahyu Krisdianto
2.
Nurul Azizah
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Contoh
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Melaksanakan
lomba menulis dan korespondensi.
|
Melaksanakan
kegiatan untuk menumbuh kembangkan dan sekaligus mengasah bakat, minat, dan
kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris.
|
-- Memunculkan bakat
siswa menulis English Story
.
|
|
2.
|
Melaksanakan
kegiatan bercerita dalam Bahasa Inggris (Story
Telling).
|
Melaksanakan
kegiatan untuk kebolehan yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris melalui bercerita dalam Bahasa Inggris.
|
- Lomba Story Telling.
.
|
PENUTUP
Program kerja OSIS disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang
terarah dalam koordinasi dalam organisasi siswa. Program Kerja ini didasarkan
pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan
menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam
rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai
aparat kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja. Adapun
prioritas sasaran tersebut berfungsi sebagai kesimpulan program kerja yang
harus mewarnai setiap pelaksanaan program.
Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi
dengan program kerja OSIS ini.Lalu kesadaran kami bahwasanna program kerja
tersebut tak mungkin akan berjalan lancer tanpa adanya bantuan dari pihak lain.
Progam ini diharapan sukses dan berhasil nantinya, namun keberhasilan sangat
relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada.Akhirnya kami adalah
hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada akhirnya
hanyalah Tuhan yang menentukan.Semoga dengan tersusunnya program kerja
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK N 1 DONOROJO ini dapat terlaksana
secara optimal dan dapat memberikan guna dan manfaat bagi perkembangan
almamater tercinta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar