Ayumila Anggraini

Senin, 16 Maret 2015

PROGRAM KERJA OSIS SMK N 1 DONOROJO MASA BHAKTI 2014/2015



PROGRAM KERJA
OSIS SMK N 1 DONOROJO
MASA BHAKTI 2014/2015



DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN
SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
SMKN 1 DONOROJO
JL. Jajar Indah No. 13 Donorojo, Pacitan 63554 Tlpn (0357) 5103010



KATA PENGANTAR


Puji syukur yang mendalam hanya patut kiranya kami haturkan atas segala limpahan karunia dan rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program kerja OSIS SMK N 1 DNOROJO Masa Bhakti 2013/2014 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah. Program kerja ini disusun untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif.
Kami selaku tim gabungan antara Pengurus OSIS dan Pengurus Inti Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program kerja ini.Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di SMK N 1 DONOROJO ini.








LATAR BELAKANG
         
Sebelum terbentuknya organisasi OSIS di sekolah-sekolah terdapat organisasi yang beraneka ragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang sifatnya ekstern bisa mengarah ke dalam hal-hal yang bersifat politis sehingga timbullah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat yang diselenggarakannya proses belajar mengajar.
Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di kendalikan dari luar.
Itulah sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing.Setelah mendapat pengarahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang.
Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS.Dalam pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah.Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan sutu hubungan yang baik.Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan.
Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis.Dalam program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

LANDASAN DAN HUKUM
Penyusunan program kerja OSIS SMK N 1 DONOROJO Masa Bhakti 2014 - 2015 memiliki landasan sebagai berikut :
  • Landasan Idiil: Pancasila
  • Landasan Konstitusional: UUD 1945
  • Landasan Operasional: - Tri Dharma Siswa, AD/ART OSIS.
Dasar Hukum dalam penyusunan program kerja OSIS SMK N 1 DONOROJO Masa Bhakti
2014 - 2015adalah :
  • UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;
  • UU RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  • Permen RI No.19 Tahun 2005 tentang SNP;
  • Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi;
  • Permendiknas RI No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
  • Permendiknas RI No.39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

GARIS BESAR PROGRAM KERJA OSIS
MASA BHAKTI 2014/2015


PENYUSUNAN PROGRAM KERJA
Program kerja yang dibuat harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota.Sehingga dalam penyusunan program kerja ini harus melibatkan unsur-unsur siswa yang   terhimpun dalam MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) sekaligus yang berkecimpung dalam kegiatan sekolah seperti pengurus Sub Seksi dan sebagainya.
Program kerja OSIS SMK N 1 DONOROJO Masa Bhakti 2013/204 disusun melalui tahap-tahap sebagai berikut :
  • Penampungan aspirasi dari siswa (terutama anggota, pengurus Sub Seksi)
  • Penyampaian hasil penampungan aspirasi siswa dan penyampaian aspirasi dari  perwakilan kelas
  • Pembentukan tim penyusun program kerja OSIS yang terdiri dari : Pengurus Harian OSIS; Pengurus MPK Inti dan Para Ketua Sub Seksi
  • Musyawarah pengurus tentang penyusunan program kerja OSIS
  • Rapat Kerja
  • Pengajuan dan pengesahan program kerja OSIS
  • Pembentukan panitia kecil sebagai koordinator kerja
Adapun program kerja OSIS terdiri dari 5 bagian yaitu :
  • Program kerja Pengurus Harian OSIS
  • Sasaran Umum Program Kerja 9 (sembilan) Seksi Bidang
  • Program Kerja 9 Seksi Bidang
  • Matriks Program Kerja OSIS 2014/2015
  • Program Kerja Sub Bidang (Ekstrakurikuler)







PROGRAM KERJA PENGURUS HARIAN OSIS

Sasaran Umum
Terwujudnya koordinasi yang matang antar seksi bidang, pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas kesekretariatan yang merata.
Jenis Kegiatan
  • Pengajuan perbaikan sarana dan administrasi
  • Penertiban administrasi
  • Pengaktifan kegiatan dana usaha
  • Persiapan laporan pertanggungjawaban
Ketua
  • Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana;
  • Mengkoordinasikan semua aparat kepengurusan;
  • Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat kepengurusan;
  • Memimpin rapat;
  • Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat;
  • Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat kepengurusan.
Wakil ketua
  • Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan;
  • Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan;
  • Menggantikan ketua jika berhalangan;
  • Membantu ketua dalam melaksanakan tugasnya;
  • Bertanggung jawab kepada ketua;
Sekretaris dan Wakil Sekretaris
  • Memberi saran/masukan kepada ketua dalam mengambil keputusan;
  • Mendampingi ketua dalam memimpin rapat;
  • Menyiapkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan;
  • Bersama ketua menandatangani setiap surat;
  • Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi;
  • Bertindak sebagai notulis dalam rapat.


Bendahara dan Wakil Bendahara
  • Bertanggung jawab dan mengetahui segala pemasukan/pengeluaran uang/biaya yang diperlukan;
  • Memnuat tanda bukti kuitansi setiap pemasukan.pengeluaran uang untuk pertanggungjawaban.
  • Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan;
  • Menyampaikan laporan keuangan secara berkala.










                                                 










PROGRAM KERJA 9 (SEMBILAN) SEKSI BIDANG

*      Seksi Bidang Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa :
1.      Roni Iskandar
2.      Cicih Setya Wardani

No
PROGRAM
TUJUAN
PELAKSANAAN
1.
-Melaksanakan Peribadatan
a.Shalat Wajib dan Sunnah Berjamaah
Untuk mendorong aktivitas ritual/ibadah

2.
-Memperingati Hari-hari Besar Keagamaan
a.Peringatan Maulid NABI MUHAMMAD SAW
b.Peringatan Isra Mi’raj
c.Berkurban
Untuk mendorong siswa supaya meneladani dan menggali makna/arti hari-hari besar keagamaan

3.
-Melaksanakan Amaliyah sesuai dengan Norma dan agama
a.Infak setiap hari jum’at
Mendorong siswa untuk melaksanakan amal sosial agar terbentuk pribadi yang berakhlak mulia

4.
-Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan
a.Lomba Baca Al-Qur’an
b.Lomba Kaligrafi
Untuk menumbuhkan budaya kompetisi dan menambah wawasan keagamaan

5.
-Mengembangkan dan memperdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
a.Wisata Spiritual
b.Hadrah
Untuk mengembangkan dan memperdayakan potensi keagamaan di sekolah















*      Seksi Bidang Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara:
1.      RizalArdiansyah
2.      Dian Pratiwi

No.
Jenis Kegiatan
Deskripsi
Contoh
Waktu Pelaksanaan
1.
Melaksanakan upacara bendera pada hari Senin atau hari Sabtu, serta hari-hari besar nasional.
Melaksanakan kegiatan upacara bendera baik yang rutin maupun insidental guna menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin diri, nasionalisme dan patriotisme.
- Upacara peringatan hari nasional.
- Apel jika tidak dilaksanakannya upacara bendera setiap hari Senin

2.
Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne).
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, kebanggaan terhadap bangsa dan Negara, sertajiwa nasionalisme dan diikuti upaya pemaknaan dan penjiwaan syair lagu/hymne.
 -Mempunyai regu paduan suara khusus.

3.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan.
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan serta patriotisme.
  -Lomba PBB.



*      Seksi Bidang Prestasi Akademik, Seni dan atau Olahraga:
1.         Wisnu Setyo Aji
2.         Handri Setiawan

No
Program
Tujuan
Pelaksanaan
1.
Mengadakan lomba mata pelajaran/program ke ahlian
Untuk meningkatkan daya saing antar siswa dengan dilandasi sikap mental positif, disiplin dan sportif

2.
Mengadakan kegiatan workshop, seminar, diskusi yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
Untuk menambah wawasan siswa dan sekaligus dapat menggali potensi berfikir kritis melalui maupun tak resmi terkat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi

3.
Mengadakan study banding dan kunjungan (study wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
Untuk menambah pengalaman langsung terhadap obyek-obyek sumber belajar yang berhubungan dengan pencapaian kompetensi dan keterampilan mata pelajaran tertentu.

4.
Membentuk club seni, dan olahraga
Untuk menyalurkan bakat dan minat melalui klub-klub disekolah dengan bimbingan dan latihan intesif dan komprehensif guna mempersiapkan siswa pada setiap kompetesi baik internal maupun eksternal sekolah.















*      Seksi Bidang Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial :
1.      Riski Nur Septian
2.      Erlisa Rahmawati

NO
          Jenis kegiatan
    contoh  
Waktu pelaksanaan
1.
Melakukan tata tertib dan kultur sekolah
-Mematuhi tata tertib
-Budaya salam
-Membuang sampah pada tempatnya

2.
Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti
-Kerja bakti kelas dan lingkungan
-Bersih tempat ibadah

3.
Menumbuh kembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
-Apresiasi karya siswa
-Pemilihan siswa berprestai

4.
Melaksanakan kegiatan 7 K (kemanan,kebersihan,ketertiban,keindahan,kekeluargaan,kedamaian dan keringanan)
-Lomba kebersihan kelas








*      Seksi Bidang Kreativitas, Ketrampilan, dan Kewirausahaan :
1.         Rudi Setiyoko
2.       Muhammad Sriyanto

No
Jenis kegiatan
Deskripsi
             Contoh
Pelaksanaan
1.
Meningkatkan kreatifitas dan keterampilanalam menciptakan suatubarang menjadi lebih berguna
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran & kemauan untuk meningkatkan nilai guna dan memanfaatkan barang bekas melalui 3R (recycle/dur ulang,reduce/mengurangi,reusel/memakai kembali sebagai upaya untuk mengurangi limbah/atau sampah yang dapatmencemari lingkungan )
-Membuat pupuk kompos

2.
Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan yang terampil dan kreatif guna memberdayakan potensi serta mendidik siswa agar kelak dapat menjadi pengusaha
-Pelatihan barang-barang kerajinan

3.
Merawat mading
Menyambungkan kreatifitas siswa & menyalur bakat siswa
-Mengembangkan kembali kotak saran
-Berita mading












*      Seksi Bidang  Kualitas Jasmani, Kesehatan dan Gizi:
1.         Candra Hadi
2.         Evi Vita Sari

No.
Jenis Kegiatan
Deskripsi
Contoh
Waktu pelaksanaan
1.
Memanfaatkan  sarana UKS yang telah tersedia.
Melaksanakan kegiatan untuk memberikan sarana yang memadahi.
- Merenovasi ruang UKS.

2.
Peralatan dan obat-obatan di UKS akan dilengkapi
Agar jika ada siswa yang sakit segera dapat diobati dengan peralatan dan obat yang telah disediakan.
- Menambah peralatan dan jenis obat yang ada























                                                                                                            







*      Seksi Bidang Sastra dan Budaya :
1.       Ayumila Anggraini
2.       Bayu Dwi Atmoko

No.
Jenis Kegiatan
Deskripsi
Contoh
Waktu pelaksanaan
1.
Mengadakan sebuah pameran karya inovatif dan hasil penelitian.
Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan aktualisasi diri.
- Mengadakan pameran karya seni

2.
Memilih siswa yang berprestasi sastra dan budaya
Melaksanakan kegiatan untuk mencari bakat siswa - siswi SMK N 1 DONOROJO.
- Mengadakan lomba cerdas cermat






























*      Seksi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi :
1.         Nur Safika
2.         Banu Rahmat Diarna

No.
Jenis Kegiatan
Deskripsi
Contoh
Waktu pelaksanaan
1.
Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
Melaksanakan kegiatan untuk memberikan motivasi kepada guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pembalajaran yang memanfaatkan TIK sebagai media.
  - Setiap siswa mempunyai e-mail

2.
Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi.
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa dalam berinovasi, sehingga menjadi lebih kreatif dalam penggunaan TIK.
 - Lomba tema blog























*      Seksi Bidang Komunikasi dalam Bahasa Inggris :
1.         Andhika Wahyu Krisdianto
2.         Nurul Azizah


No.
Jenis Kegiatan
Deskripsi
Contoh
Waktu Pelaksanaan
1.
Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi.
Melaksanakan kegiatan untuk menumbuh kembangkan dan sekaligus mengasah bakat, minat, dan kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris.
-- Memunculkan bakat siswa menulis English Story
.

2.
Melaksanakan kegiatan bercerita dalam Bahasa Inggris (Story Telling).
Melaksanakan kegiatan untuk kebolehan yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui bercerita dalam Bahasa Inggris.
 - Lomba Story Telling.
.



















PENUTUP

Program kerja OSIS disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi dalam organisasi siswa. Program Kerja ini didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai aparat kepengurusan, perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja. Adapun prioritas sasaran tersebut berfungsi sebagai kesimpulan program kerja yang harus mewarnai setiap pelaksanaan program.
Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi dengan program kerja OSIS ini.Lalu kesadaran kami bahwasanna program kerja tersebut tak mungkin akan berjalan lancer tanpa adanya bantuan dari pihak lain. Progam ini diharapan sukses dan berhasil nantinya, namun keberhasilan sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada.Akhirnya kami adalah hanya manusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdoa, namun pada akhirnya hanyalah Tuhan yang menentukan.Semoga dengan tersusunnya program kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK N 1 DONOROJO ini dapat terlaksana secara optimal dan dapat memberikan guna dan manfaat bagi perkembangan almamater tercinta.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar